Tips sebelum travelling ke malaysia untuk pertama kali nya

Tips sebelum travelling ke malaysia untuk pertama kali nya

Travelling ke malaysia

Tips sebelum travelling ke malaysia untuk pertama kali nya – Apabila kamu ingin travelling ke Malaysia untuk pertama kali tanpa travel agent, kamu perlu mengetahui beberapa informasi penting yang harus disiapkan sebelum keberangkatan. Persiapan matang sebelum keberangkatan akan membuat perjalananmu menjadi lebih mudah dan menyenangkan sesuai rencana, sejak menjejakkan kaki di negeri Malaysia hingga tiba kembali di tanah air.

Tips sebelum travelling ke malaysia untuk pertama kali nya

Tiket Pulang-Pergi (return)

Tidak jauh berbeda ketika bepergian ke Singapura dan negara lainnya, petugas check in, terutama petugas imigrasi di Indonesia akan menanyakan tiket kepulangan kalian karena itu WAJIB adanya. Tidak seketat ketika bepergian ke Singapura, karena ada beberapa penumpang yang tidak ditanya mengenai tiket kepulangan baik di Indonesia maupun di Imigrasi Malaysianya, yang dimana aku menyimpulkan bahwa mungkin itu sudah biasa bahwa warga indonesia bisa bolak balik ke Malaysia tanpa return tiket.

Yaaaaa karena aku takut berbuat yang tidak-tidak di negara orang, belum lagi tiba-tiba ada denda dll, menyiapkan tiket pulang itu sangat diperlukan. Demi kenyamanan berlibur tentunya.

Booking Tiket dan Hotel

Pesanlah tiket pulang pergi jauh sebelum hari keberangkatanmu ke Malaysia agar kamu bisa mempersiapkan perlengkapan lain sebelum berkunjung ke Malaysia. Jangan lupakan akomodasi selama kamu berada di Malaysia, cari dan booking hotel sesuai anggaran budget. Untuk rekomendasi hotelnya kamu bisa melihat di situs online

Kalau kamu suka belanja, area Bukit Bintang adalah rekomensasi yang tepat, sedangkan bila budget terbatas, kamu bisa mencari guesthouse atau hostel di kawasan Masjid Jamek dan Pasar Seni bisa menjadi pilihan yang bagus.

Siapkan Peta Wisata dan Transportasi Umum

Sebaiknya kamu mengunggah peta wisata Malaysia dan peta transportasi umum sebagai antisipasi. Di bandara Kuala Lumpur tidak banyak menyediakan peta seperti bandara Changi Singapura. Kamu juga bisa mendatangi Tourism Information Center untuk mendapatkan brosur rute tempat wisata secara gratis. Pelajari peta transportasi umum seperti LRT, monorail, serta KTM komuter line yang akan membawamu berkeliling tempat wisata dengan harga yang tidak menguras kantong.

Toilet di Malaysia

First impression ketika masuk ke toilet di Malaysia, even public space seperti di mall sekalipun, asli jorok banget. Bukan bermaksud menjelekkan nama Malaysia, tetapi benar adanya bahwa dari 10 toilet yang aku pilih, hanya dua yang menurutku oke untuk dipakai. Itupun aku harus membersihkan dan menyiramnya terlebih dahulu sebelum memakainya. Paling tidak memastikan tidak adanya partikel partikel yang berasal dari lubang buaya berceceran di closet.
Jangan kawatir mengenai toilet, di Malaysia karena hampir semuanya memakai jet wash, yang artinya adalah toilet basah. Setidaknya gak perlu susah payah cebok pakai tisu seperti jenis toilet yang ada di Singapura. Ada juga lho ponten umum di beberapa tempat yang masih memakai gayung seperti di Indonesia gitu.
 
Oh ya, sedikit warning untuk jet wash atau keran closet di Malaysia (kayaknya hampir seluruh Malaysia) agak sedikit berbeda dari negara kebanyakan atau Indonesia