Taman Hutan Raya IR Juanda Bandung

Taman Hutan Raya IR Juanda Bandung

Taman Hutan Raya IR Juanda Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib untuk anda kunjungi. Terutama bagi anda yang suka wisata alam. Taman Hutan Raya IR Juanda dikenal juga dengan nama Tahura Juanda, atau cukup dengan singkatan THR Juanda.

Taman Hutan Raya IR Juanda Bandung

Taman Hutan Raya IR Juanda adalah salah satu hutan raya yang menjadi kawasan konservasi alam. Hutan konservasi ini berada dekat sekali dengan pusat kota Bandung dan merupakan paru-paru kota.

Awalnya luas hutan raya ini hanya 10 ha saha (1965), tapi sekarang sudah mencapai luas 590 ha dan membentang dari Dago Pakar sampai ke kawasan Maribaya Lembang.

Dilihat juga : Destinasi Wisata Alam di Situ Patenggang

Lokasi/ alamat taman hutan raya juanda bandung berada di kampung pakar, desa ciburial, kecamatan cimenyan Bandung. Daerah ini berada di ketinggian 770 – 1330 dpl. Luas area taman ini sekitar 590 ha, dan membentang dari kawasan dago pakai sampai dengan Maribaya Lembang.

Karena luasnya inilah terdapat beberapa pintu gerbang masuk ke THR Juanda. Tapi, yang paling mudah di akses adalah gerbang dari dago pakar. Gerbang-gerbang utama menuju lokasi sudah gampang diakses dan cukup mulus.

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Raya Juanda

Kelebihan Tahura Juanda ialah Anda bisa mengunjungi banyak destinasi wisata sekaligus. Selain merasakan kesegaran tempat wisata, pengunjung bisa mengunjungi spot wisata keren di sekitar lokawisata. Harga tiket cukup terjangkau dengan hanya membayar Rp. 11.000 untuk pengunjung domestik, dan Rp. 76.000 untuk wisatawan luar.

Area Wisata di THR Juanda Bandung

Goa Jepang

Merupakan peninggalan masa penjajahan Jepang di Indonesia. Goa ini diperkirakan dibangun oleh para pekerja paksa/romusha. Goa jepang memiliki 4 pintu dan 2 saluran udara. Goa ini dibangun pada tahun 1942.

Goa Belanda

Dibangun pada tahun 1918, goa Belanda ini diperkirakan dipergunakan sebagai markas militer, penjara, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi, dan juga PLTA.

Curug Omas

Curug omas seringkali disebut orang sebagai curug maribaya, karena memang berada di daerah Maribaya Lembang. Untuk menuju lokasi, yang paling dekat adalah via gerbang taman hutan raya juanda di Maribaya. Tapi bisa juga dari gerbang dago pakar, hanya saja jaraknya lumayan jauh jika berjalan kaki dari sini, kurang lebih 5-6 KM.

Sarana Pendukung

Sarana pendukung di area Tahura Juanda sudah cukup lengkap. Tersedia area parkir yang luas, baik di gerbang dago ataupun di gerbang maribaya. Terdapat juga banyak tempat makan dan istirahat didalam area, sehingga anda tidak akan kesulitan jika lapar-haus.

Toilet juga sudah tersedia, tapi hanya di beberapa sudut saja ( gerbang, jalan menuju goa jepang). Jika anda ingin ke air saat di tengah-tengah area, akan cukup sulit juga.

Sumber : www.nativeindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *