Rute dan Aktivitas Destinasi Wisata Karimunjawa

Rute dan Aktivitas Destinasi Wisata Karimunjawa

Rute dan Aktivitas Destinasi Wisata Karimunjawa

Rute dan Aktivitas Destinasi Wisata Karimunjawa, – Wisata Karimunjawa merupakan pilihan wisata bahari yang terkenal di Indonesia. Wilayah ini sering dijadikan lokasi liburan bagi turis lokal maupun mancangara.

Namun, Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Oleh karena itu kepulauan Karimunjawa terkenal dengan wisata bawah lautnya yang sangat menawan. Kamu bisa melihat berbagai makhluk bawah laut, mulai dari hiu, penyu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Melansir dari https://superbandar.live/, Wisata Karimunjawa menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Hal ini yang membuat wisata Karimunjawa memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Pulau Liburan, The Paradise of Java, dan Caribbean van Java.

Karimunjawa terletak di Laut Jawa, utara Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau. 5 diantaranya merupakan pulau berpenghuni dan sisanya adalah pulau tak berpenghuni.

Rute menuju Kepulauan Karimunjawa

Naik pesawat menuju ke Bandara International Ahmad Yani, Semarang. Setelah itu, lanjutkan dengan jalur darat menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas. Gunakan kapal KMC Kartini atau KMP Muria ke Kepulauan Karimunjawa.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan

Karena itu saat traveling ke Kepulauan Karimunjawa, jangan lewatkan pemandangan matahari terbenamnya yang menakjubkan. Cobalah datang ke Pantai Tanjung Gelam yang terkenal dengan pemandangan sunset-nya. Saat pukul 17.00, kamu harus sudah berada di pantai biar gak kelewatan.

Gak hanya sekadar menikmati matahari terbenam, kamu juga harus snorkeling atau diving. Keindahan bawah laut Kepulauan Karimunjawa tak ada duanya. Ada empat spot snorkeling dan diving terbaik, yaitu Pulau Tanjung Gelam, Pulau Cemara, Pulau Cilik, dan Pulau Menjangan Kecil.

Namun ciri khas Kepulauan Karimunjawa adalah adanya penangkaran hiu yang bisa dikunjungi wisatawan. Penangkaran ini berada di Pulau Menjangan Besar yang ditempuh sepuluh menit dari pulau utama. Gak hanya itu, ada pula penangkaran penyu yang gak kalah menarik.

Gak melulu wisata laut yang bisa ditemui di Kepulauan Karimunjawa, ada pula Hutan Mangrove Karimunjawa. Kamu akan melewati jalanan dari kayu untuk menyusuri hutan bakau. Dilengkapi menara tinggi yang digunakan untuk melihat pemandangan seluruh hutan bakau.