Mengenal Alat Musik Melodis, Pengertian, dan Contohnya

Mengenal Alat Musik Melodis, Pengertian, dan Contohnya

Mengenal Alat Musik Melodis, Pengertian, dan Contohnya

Mengenal Alat Musik Melodis, Pengertian, dan Contohnya – Alat musik terbagi menjadi alat musik ritmis, alat musik melodis, dan alat musik harmonis. Alat musik melodis adalah alat musik yang mempunyai irama dan berfungsi memainkan susunan nada-nada sebuah lagu. Tangga nada yang dimiliki minimal 2 oktaf.
Melansir dari http://ratutogel.com/  dalam buku Seni Budaya dan Keterampilan kelas 5 SD karya Drs Sri Murtono M.Pd. dkk dan Buku Pintar Pasti Naik Kelas SD Kelas 4, disebutkan, contoh alat musik melodis antara lain recorder, harmonika, saksofon, dan pianika.

Berikut contoh alat musik melodis:
1. Recorder
Recorder adalah jenis alat musik yang ditiup. Jenis recorder ada empat macam dari ukuran paling besar yakni sopran, recorder sopranino alto, dan tenor. Recorder yang sering gunakan pada sekolah adalah recorder sopran.

Cara memainkan recorder dengan ditiup. Cara meniup recorder yakni:

1.Untuk nada-nada tinggi bentuk mulut seakan-akan mengucapkan huruf ti sambil meniupkan udara pada sepanjang notnya.
2.Untuk nada-nada rendah, bentuk mulut seakan-akan mengucapkan huruf tu sambil meniupkan udara pada sepanjang notnya.
3.Untuk stakato, gunakan tiupan pendek.
4.Untuk legato, satu tiupan dapat tergunakan untuk lebih dari satu nada.
5.Jangan meniup terlalu kuat agar suara yang ia hasilkan tidak melengking, tapi jernig, murni, dan enak dengar.

2. Pianika
Pianika adalah alat musik tiup yang berlebihan seperti piano. Alat musik ini mainkan dengan cara tiup melalui selang peniup dan tuts ia tekan seperti memainkan piano.

3. Harmonika
Harmonika adalat alat musik melodis tiup. Oleh karena itu,Harmonika mereka mainkan dengan cara meniup sambil menggeser ke arah kiri dan kanan.

4. Saksofon
Saksofon adalah alat musik melodis dari jenis tiup yang terbuat dari logam. Bentuknya seperti pipa rokok dan berklep logam.

1. Sejarah Alat Musik Sasando

Mengutip dari https://dusembaev.com/ Alat musik Sasando terbuat dari bambu khusus yang membentuk tabung panjang. Ternyata balik bentuknya yang unik terdapat sejarah menarik.

Salah satu kisah sejarah yang banyak berkembang pada masyarakat mengenai Sasando berkaitan dengan pria bernama Sangguana. Dikisahkan, Sangguana jatuh cinta kepada seorang putri raja saat terdampar pada pulau Ndana.

Hanya saja, sang Raja tidak bisa menerima Sangguana begitu saja. Ia pun memberikan syarat kepada Sangguana agar bisa terterima, yakni membuat alat musik yang berbeda dari alat musik lainnya.

Akhirnya Sangguana mendapatkan ilham dari mimpi, yakni memainkan alat musik yang indah serta bersuara merdu. Ia pun menciptakan Sasando untuk ia berikan kepada sang Raja.

Raja yang melihat Sasando langsung terpukau hingga akhirnya memperbolehkan Sangguana menikah dengan putrinya.