Destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya.

Destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan satu destinasi wisata yang berada di Bandung dan salah satu tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota tersebut. Mungkin ketika anak-anak kita sering mendengarkan mengenai kisah Sangkuriang yang berasal dari daerah pegunungan tersebut. Memiliki nama Tangkuban Perahu atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti perahu yang terbalik.

Dilihat juga : Tempat Wisata Flight Experience di Gandaria

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 °C pada malam hari.

Gunung Tangkuban Perahu terbentuk sekitar 90.000 tahun lalu di Kaldera Sunda. Gunung ini, menurut T. Bachtiar dan Dewi Syafriani dalam buku Bandung Purba, lebih muda dari Gunung Burangrang. Gunung Burangrang yang terletak di sisi barat Gunung Tangkuban Perahu terbentuk sekitar 210.000 hingga 105.000 tahun lalu. Menurut T. Bachtiar, Gunung Tangkuban Perahu lahirnya setelah terbentuknya Sesar Lembang. Ketika Gunung Tangkuban Perahu meletus, sebagian material alirannya yang mengalir ke selatan tertahan di kaki patahan.

Karena gunung yang masih aktif ini jika di lihat dari jarak yang agak jauh akan nampak seperti perahu yang terbalik. Bagi Anda yang memiliki hobby hiking mungkin tempat ini menjadi salah satu alternatif untuk menyalurkan hobby Anda tersebut. Seperti halnya wisata pegunungan lainnya tempat ini kadang dapat mencapai suhu di bawah 20 derajat celcius. Kadang pada beberapa saat tertentu suhu di gunung ini dapat mencapai di bawah 5 derajat celcius.

Sumber : id.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *