Daya Tarik Wisata Tugu Proklamasi

Daya Tarik Wisata Tugu Proklamasi

Daya Tarik Wisata Tugu Proklamasi – Tugu Proklamasi adalah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang berdiri di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Taman tersebut berlokasi di bekas kediaman Sukarno di Jalan Pegangsaan Timur 56. Rumah tersebut, telah dihancurkan, adalah lokasi pembacaan proklamasi kemerdekaan

Monumen Pahlawan Proklamator Sukarno-Hatta menggambarkan dua patung perunggu Sukarno dan Hatta berdiri berdampingan. Sejak 1956, popularitas Taman Proklamasi sebagai tempat berkumpulnya upacara mulai menurun. Terlepas dari anjuran para sesepuh kota agar rumah tersebut direnovasi, pada malam hari tanggal 15 Agustus 1960, Sukarno memerintahkan pembongkaran rumah dan peringatan Tugu Proklamasi.

Dilihat juga : Destinasi Wisata di Pantai Ngurtafur

Daya Tarik Wisata Tugu Proklamasi

Menurut Sukarno, Tugu Proklamasi sebenarnya adalah Tugu Linggarjati. Pernyataannya tersebut tidak jelas, tetapi tampaknya Sukarno berpikir bahwa baik rumah dan monumen tersebut tidak cukup besar untuk menjadi monumen nasional meskipun signifikansi historisnya cukup penting. Tiga potongan marmer dari Tugu Proklamasi kemudian disimpan di rumah Yos Masdani sebagai kenang-kenangan. Tugu peringatan rencananya akan dibangun kembali pada tahun 1972 di bawah usulan gubernur Ali Sadikin.

Wisata Tugu Proklamasi merupakan tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat bersejarah yang 1 ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Fasilitas Tugu Proklamasi

Kini Tugu Proklamasi mengalami pembugaran dalam bentuk penataan ulang tanpa meninggalkan nilai sejarah yang melekat pada tugu. Pembugaran ini dilakukan karea kondisi dari lokasi Tugu Proklamasi yang termasuk dalam taman kota yang sudah lama tidak diperhatikan.

Sehingga diharapkan kedepanya taman kota ini akan berfungsi dengan baik dan mengundang banyak pengunjung untuk mengunjungi Tugu Proklamasi. Lokasi tugu sendiri cukup strategis maka akan dapat menarik banyak pengunjung dan meramaikan tugu.

Selain tugu proklamasi ada dua obyek penting lain. Pertama adalah Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi yang dibuat tahun 1946 sebagai peringatan ulang tahun pertama republik Indonesia. Kedua adalah Monumen Proklamator Soekarno-Hatta, di buat dengan tinggi 4,3 meter dengan bahan dari perunggu.

Sumber : ihategreenjello.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *